Muhibbin

The pain itself is enough to heal the wounded soul..

833 Tahun Kerajaan Aceh: 1 Ramadhan 601H- 1 Ramadhan 1434H

sumber foto: iloveaceh.org/ @atinRY

 

Jika hari ini tumpukan nyali dari seluruh jumlah kepala kalian tak sebanding dengan seorang bocah ingusan kami, pantaskah kalian menjadi ahli waris negeri orang-orang paling berani? Jika kalian berdalih dengan angkuh, “kami mewarisi sifat pemberani leluhur kami, ia mengalir dalam aliran darah kami.”

Ketahuilah, keberanian yang kami miliki bukan tersimpan di urat nadi. Keberanian kami ada dalam jiwa dan sanubari. Keberanian kami tidak seperti darah yang tetesannya bersujud memijak bumi. Keberanian kami mengisi kehampaan ruang, menjadi ruh negeri ini. Keberanian kami adalah keyakinan. Kami hidup dalam keyakinan kalian.

Wahai kalian yang berkeyakinan baru, kalian  lazim disebut pembaharu. Taukah apa kelebihan kalian dari kami? Muka kalian lebih tebal. Lebih tebal dari telapak kaki kami. Telapak kaki yang tak dapat ditembus kerikil paling tajam. Telapak kaki yang mati rasa. Apakah muka kalian juga mati rasa seperti (telapak kaki) kami? Telapak kaki kami yang tebal peka terhadap rintihan bumi negeri ini. Telapak kaki kami membelainya dengan lembut. Selembut raut muka kalian saat menjajakan negeri kami.

*Seruan imajiner, merawi kalam dari tiupan angin malam ini. Angin yg pernah berhembus ke seluruh penjuru negeri, suatu masa yang lalu. Merekam kisah. Malam itu 27 sya’ban 601 H. 3 hari sebelum berdirinya Aceh Darussalam.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Juli 9, 2013 by in Catatan Lepas, Uncategorized and tagged , , , , , , , .
%d blogger menyukai ini: